Bupati Kobar Komitmen Tuntaskan 15 Ribu Bantuan Alat Tangkap bagi Para Nelayan Kobar

Nov

16

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus berinovasi dalam meningkatkan geliat ekonomi masyarakat pada masa pandemi melalui program kegiatan. Salah satu sektor yang menajdi perhatian pemerintah daerah adalah di sektor perikanan.

Keberhasilan operasi penangkapan ikan bagi nelayan sangat ditentukan oleh sarana dan prasarana yang mumpuni. Untuk itulah di tahun 2020 ini Pemkab Kabar mengalokasikan beberapa sarana dan prasarana untuk nelayan yang tergabung dalam 89 kelompok usaha bersama (KUB), yang terdiri dari 45 unit kapal ikan, 82 unit mesin kapal, 4.935 piece alat tangkap berbagai jenis serta 31 unit alat bantu penangkap fishfinder.

Pada Kamis (12/11) Bupati Kobar Hj Nurhidayah secara simbolis menyerahkan bantuan Alat Tangkap Ikan untuk para nelayan. Bertempat di pantai Anum Desa Teluk Bogam Kecamatan Kumai kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati Ahmadi Riansyah dan sekretaris daerah, para camat, kepala desa di wilayah pesisir serta ketua dan anggota KUB nelayan se-Kobar.

Bupati Hj Nurhidayah berharap dengan bantuan sarana dan prasarana tangkap ini akan terus memacu kegiatan nelayan sehingga memacu peningkatan ekonomi terlebih menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Pemenuhan sarana dan prasarana nelayan pada saat ini tentu belum bisa menjangkau seluruh nelayan, namun demikian kami akan terus meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat, agar pergerakan ekonomi terus meningkat yang berujung pada kesejahteraan masyarakat nelayan,” kata Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah mengungkapkan di masa pemerintahanya, sebagai salah satu sektor prioritas, telah mencanangkan pemenuhan 15.000 pcs alat tangkap bagi para nelayan selama 5 tahun, sampai pada tahun 2022.

“15.000 pcs alat tangkap bagi para nelayan merupakan visi kami pada sektor perikanan, dan sampai akhir 2019 sudah terpenuhi sebanyak 11.164 pcs, dan kami harapkan akan tuntas pada akhir 2021 nanti,” pungkasnya. (prokom kobar)