Pasar Bahari Kumai Selesai Direhab dan Dibuka Kembali, Pemkab Kobar Gelar Syukuran

Feb

22

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) mengadakan acara syukuran atas rehabilitasi Pasar Bahari Kumai pada Jumat (19/02). Acara dihadiri oleh Bupati Kobar, beberapa kepala SKPD, Camat Kumai dan Lurah Kumai Hilir serta para pedagang Pasar Bahari Kumai.

Dalam laporannya, Kadis Perindagkop UKM Muhammad Yadi menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2020 Dinas Perindagkop UKM telah membangun dan juga merehabilitasi 2 pasar. Yang pertama Pasar Bulin di Mendawai sebagai ganti dari Pasar Korindo dengan anggaran ±1,8 miliar dan yang kedua merehabilitasi Pasar Saik Kumai Hilir yang sekarang berubah menjadi Pasar Bahari dengan anggaran ±2,9 miliar.

“Rehabilitasi pasar ini mulai dilakukan di bulan Agustus sampai dengan Desember 2020, dengan jumlah lapak asal 59 buah dan menambah lapak dengan swadaya masyarakat berjumlah 4 buah lapak. Selain itu juga di pasar ini terdapat ruang kendali sebanyak 1 buah, WC sebanyak 2 buah, tempat cuci tangan sebanyak 2 titik, tempat sampah sebesar 660 Liter sebanyak 1 buah,” terang Yadi.

Muhammad Yadi juga menyampaikan harapannya kepada pedagang Pasar Bahari Kumai untuk menjaga kebersihan dan menjaga keamanan lingkungan pasar tersebut.

Sementara itu, Bupati kobar Hj Nurhidayah menyampaikan pasar merupakan program skala prioritas untuk menumbuhkan ekonomi di tengah masyarakat. “Untuk kedepannya program pemerintah bertahap mulai tahun 2020 mencoba konsep pasar, bukan hanya sebagai transaksi jual beli ikan segar tetapi akan menjadi sebuah wisata kuliner dan ikon Kecamatan Kumai menjadi Fish Market,” ucap Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga berharap untuk merawat, menjaga kebersihan dan keamanan serta ketertiban di Pasar Bahari ini dan tidak lupa menghimbau kepada para pedagang untuk selalu menaati protokol kesehatan ditengah wabah pandemi Covid-19 ini. (disperindagkopukm kobar)