FGD Penyusunan RDTL dan KLHS Kawasan Perkotaan Kecamatan Pangkalan Banteng Digelar

Sep

09

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Kamis (9/9), Camat Pangkalan Banteng membuka Ekspose kedua Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rencana Detail Tata Ruang RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KHLS) Kawasan Perkotaan Kecamatan Pangkalan Banteng yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan PT Bhakti Nusa Perkasa selaku konsultan.

FGD yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Pangkalan Banteng ini selain dihadiri beberapa perwakilan kepala desa dan perwakilan warga masyarakat Pangkalan Banteng, juga dihadiri langsung anggota DPRD Kabupaten Kobar dari Fraksi PDIP Alman, serta diikuti beberapa dinas dan instansi melalui daring.

Camat Pangkalan Banteng, Indra Wardhana, dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan ekspos kedua FGD ini dalam rangka penyempurnaan dan perbaikan penyusunan RDTR dan KLHS kawasan perkotaan wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng. 

"Kami sangat mengapresiasi kepada konsultan yang telah mengakomodir dan menampung masukan dari warga masyarakat dalam rangka perbaikan penyusunan RDTL dan KLHS ini khususnya terkait wilayah perkebunan PTPN 13 karena yang dikeluarkan dari rencana awal kaena masuk HGU serta memasukan Desa Amin jaya dalam rencana kota satelit,” kata Indra.

Sehingga dokumen ini nantinya, lanjut Indra, menjadi pedoman dalam rencana menyongsong pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya kedepannya. “Kami juga menyampaikan terimakasih kepada anggota dewan yang selama ini telah memfasilitasi, mengarahkan dan memberikan masukan dalam diskusi ini,” ucap Indra.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kobar melalui Kepala Bidang Penataan Ruang, Rawandi menjelaskan bahwa kegiatan ekspos kedua ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi dan diskusi perbaikan penyusunan RDTR dan KHLS kawasan Perkotaan Kecamatan Pangkalan Banteng yang yang telah dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2021 lalu setelah menerima masukan dan evaluasi dari warga masyarakat serta Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng.

Forum group diskusi kedua ini dilanjutkan dengan paparan dari pihak konsultan PT Bhakti Nusa Perkasa terkait perubahan dalam rencana penyusunan RDTL dan KLHS wilayah pengembangan Perkotaaan Kecamatan Pangkalan Banteng. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan penandatangan berkas Berita Acara Pelaksanaan Forum Diskusi oleh semua perwakilan undangan dan perwakilan pemerintah desa yang hadir, yaitu Kades Sungai Pakit, Kades Amin Jaya, Kades Karang Mulya, Kades Marga Mulya dan Kades Simpang Berambai. (kec-pangkalan banteng)