Telah Dicanangkan Sebagai Kota Bebas Pungli, Satgas Saber Pungli Palangkaraya Lakukan Kaji Banding ke Kobar

Okt

18

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Senin (18/10) mendapat kunjungan dari Satgas Saber Pungli Kota Palangka Raya dalam rangka kaji banding pelaksanaan kegiatan Saber Pungli di Kobar. Bertempat di aula Inspektorat Daerah Kobar, kegiatan kaji banding berlangsung baik yang diwarnai diskusi tanya jawab oleh masing-masing satgas.

Ketua Satgas Saber Pungli Kobar, Kompol Boni Ariefianto menyampaikan apresiasi dengan menjadikan Kobar sebagai tempat kaji banding. Ia menjelaskan, pelaksanaan Satgas Saber Pungli di Kobar tetap bekerja sama dengan instasi-instasi terkait sehingga dalam penangan pungli di Kobar dapat terlaksana dengan baik.

“Adapun tim Saber Pungli Kabupaten Kobar terdiri dari gabungan dari Polres Kobar, Kejaksaan, TNI dan Pemda Kabupaten Kobar. Untuk memudahkan pelayanan masyarakat dan tugas kami membentuk dua Posko Saber Pungli, yaitu di Kantor Inspektorat dan Polres Kobar,” ungkap Kompol Boni Ariefianto yang juga sebagai Waka Polres Kobar ini.

“Sebagai bentuk inovasi daerah kami di Satgas Saber Pungli Kobar telah melibatkan masyarakat adat untuk membrantas pungli. Kami membentuk Laskar Kutaringin di Kelurahan Raja dan Tim Anti Culas di Desa pasir Panjang. Dimana 2 tim ini dalam pelaksanaan hukum Saber Pungli menggunakan hukum adat yang diakui di daerah masing-masing,” tambahnya.

Satgas Saber Pungli Kota Palangkaraya, yang diwakili oleh Ketua Tim Kaji Banding, Nur Hidayat mengutarakan bahwa pencapaian Kobar sebagai Kota Bebas Pungli menjadi alasan untuk datang ke Kobar.

“Terimakasih atas sambutan dari Satgas Saber Pungli Kabupaten Kobar terkait dengan kunjungan kami. Tujuan kami ke Kabupaten Kobar untuk bertukar pikiran, mengingat Kobar saat ini sudah mendapatkan predikat sebagai Kota bebas pungli,” ungkap Nur Hidayat yang juga Wakil Satgas Saber Pungli Palangkaraya.

Kegiatan kaji banding dilakukan selama satu hari dan diikuti oleh semua unsur Pokja dan sekretariat Satgas Saber Pungli Kobar serta 6 orang peserta dari Satgas Saber Pungli Palangkaraya. (itda kobar)