Dua Destinasi Wisata Kobar Raih Juara 1 pada API Award 2021

Nov

30

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Kabupaten Kotawaringin Barat patut berbangga, pasalnya dua destinasi wisata dari Kabupaten Kobar berhasil meraih juara 1 pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. Kedua destinasi wisata tersebut adalah Rain Forest Trekking Tanjung Puting untuk kategori Olahraga & Petualangan dan TWA Tanjung Keluang untuk kategori Ekowisata.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan API Award 2021 ini digelar di Stable Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Selasa (30/11) malam. Hadir secara virtual dalam acara ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sedangkan tamu undangan berasal dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk dalam 3 besar serta pegiat pariwisata.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah berkesempatan hadir dan menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Winarni Monoarfa. Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungannya sehingga Kabupaten Kobar dapat meraih dua penghargaan pada API Award 2021.

“Penghargaan ini sebagai anugerah yang membanggakan karena Kabupaten Kotawaringin Barat mampu meraih juara 1 dalam dua kategori, yaitu kategori wisata olahraga dan petualangan serta kategori ekowisata. Hal ini membuktikan bahwa obyek wisata unggulan di Kobar mampu bersaing dengan obyek wisata lainnya di nusantara,” Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang mendukung wisata Kobar pada API 2021 ini. “Prestasi ini adalah prestasi masyarakat dan pecinta wisata Kobar,” ucapnya.

API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia pariwisata Indonesia. Selain itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Ada 18 kategori pariwisata yang diperlombakan dalam API 2021 ini, diantaranya adalah kategori makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cinderamata, olahraga dan petualangan, wisata air, ekowisata, dataran tinggi, kampung adat, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.

Berdasarkan hasil voting, Rain Forest Trekking Tanjung Puting meraih 74,77% suara pada kategori wisata olahraga dan petualangan, sedangkan TWA Tanjung Keluang meraih 58,39% suara kategori ekowisata. Ini merupakan penghargaan ketiga yang diraih Kabupaten Kobar pada API Award, setelah sebelumnya Coto Manggala meraih penghargaan makanan tradisonal terpopuler di tahun 2020 dan Susur Sungai Sekonyer tahun 2019 kategori wisata air terpopuler. (diskominfo kobar)