RSSI Pangkalan Bun Gelar Penyuluhan Kesehatan bagi Komunitas Geriatri Kelurahan Madurejo

Agu

18

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Dalam rangka meningkatkan mutu layanan, RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun mengadakan kegiatan edukasi kesehatan lanjutan pada komunitas geriatri di masyarakat khususnya di wilayah RT.20 Kelurahan Madurjeo. Dalam hal ini RSSI Pangkalan Bun melakukan kerja sama dengan Puskesmas Madurejo tentang Pelayanan Geriatri.

Selain dengan Puskesmas Madurejo, RSSI Pangkalan Bun juga melakukan kerjasama dengan puskesmas Arut Selatan dan Puskesmas Mendawai tentang pelayanan geriatri di masyarakat.

Pada kegiatan ni peserta yang hadir sebanyak 20 kelompok lansia yang ada di RT.20 Kelurahan Madurejo serta petugas puskesmas yang bertugas dalam pemeriksaan kesehatan. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah dokter umum dari RSSI Pangkalan Bun, dr. Elisa dan petugas kesehatan lainnya.

Elisa menyampaikan bahwasannya ketika berumur lansia kita memang rentan terhadap penyakit. Selain itu penyakit degeneratif pada lansia contohnya seperti diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya mulai banyak terjadi keluhan di masa lansia.

Oleh karena itu kelompok lansia wajib untuk rutin memeriksakan kesehatannya agar dapat mempertahankan kesehatannya. Dengan memeriksakan kesehatan kita akan bisa mendeteksi sedini mungkin agar dapat mencegah penyakit pada lansia,” ujar Elisa.

Ia mengungkapkan, proses menua mengakibatkan berkurangnya fungsi berbagai organ tubuh. Diketahui bahwa penyakit dan kesehatan pada usia lanjut tidaklah sama dengan penyakit dan kesehatan pada usia lainnya, yaitu dalam hal penyakit pada usia lanjut bersifat multipel (lebih dari satu macam penyakit), penyakit biasanya berjalan kronis, terkadang menimbulkan kecacatan dan lambat laun menyebabkan kematian.

“Saya menghimbau untuk para lansia agar selalu menjaga kesehatannya, hindari makan-makanan yang memicu penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit-penyakit pada usia lanjut,” tuturnynya.

Ia mengatakan, tujuan dari penyuluhan kesehatan geriatri ini untuk memberikan pengetahuan kepada orang-orang usia lanjut dalam menjalankan kehidupannya sesuai dengan keadaan fisik yang sudah tidak lagi muda, serta dapat tetap aktif dan hidup sehat di usia senja.

“Mari wujudkan lansia sehat dan bahagia," pungkasnya. (rssi pbun)



Link Aplikasi