Dinkes Gelar Sosialiasi dan Updating Aspak bagi Puskesmas se-Kobar

Jan

24

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Sosialisasi dan Updating Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (ASPAK) di Aula Dinkes Kobar, Kamis (19/01). 

Kegiatan ini diikuti oleh kepala puskesmas dan pengelola Aspak dari 18 puskesmas se-Kobar, dengan menghadirkan narasumber admin Aspak Kabupaten tahun sebelumnya dari Dinkes Kobar, yakni Administrator Kesehatan Ahli Muda Seksi Kesehatan Tradisional Audita Zulfikria, SKM.

Kepala Dinkes Kobar melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan Akhmad Faozan mengatakan, updating data Aspak ini merupakan suatu kewajiban bagi tiap puskesmas, karena dapat menjadi perencanaan yang baik dalam pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data yang valid dan tepat waktu.

“Dengan sosialisasi ini updating data Aspak di puskesmas agar lebih ditingkatkan lagi. Karena mulai tahun 2023 dan seterusnya untuk pengadaan tahun 2024 akan di pantau melalui aplikasi Aspak”, ujar Akhmad Faozan.

Akhmad Faozan juga berharpa agar pengelola di puskesmas melakukan update data Aspak satu bulan sekali. 

Aspak merupakan sebuah aplikasi yang menghimpun data dan menyajikan informasi mengenai sarana, prasarana dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari sosialisasi dan updating Aspak ini adalah untuk memastikan ketersedian sarana, prasarana dan alat kesehatan di puskesmas dan membuat perencanaan kebutuhan di tahun berikutnya. (dinkeskobar)