Bekerjasama dengan Damkar, KPU Kobar Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Jun

30

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Rabu (29/6) Personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotawaringin Barat memberikan pelatihan dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi korban kepada anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar. Bertempat di Aula Kantor KPU, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan bahwa menjelang pemilu 2024, maka perlu persiapan penanganan penangulangan kebakaran khususnya di Kantor KPU Kobar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan anggota KPU Kotawaringin Barat dapat sigap apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan kedepan akan terus bekerjasama dengan Damkar untuk rutin melakukan simulasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran,” ucap Chaidir.

Sementara itu, Kasi Penyelatan dan Evakuasi Korban Satpol PP dan Damkar Kobar, Kananto yang hadir sebagai narasumber mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar cara penanggulangan kebakaran dapat dilakukan dengan benar guna mencegah kekabaran menjadi lebih besar.

Ada beberapa materi yang disampaikan dan diantaranya teori dasar segitiga api, penanganan kebakaran skala kecil, standar penggunaan Alat Pemadam Api Portable (APAP) dan penanganan kebakaran menggunakan alat tradisional seperti kain/benda basah serta evakuasi korban.

"Dengan adanya kegiatan latihan ini, diharapkan seluruh anggota KPU dapat melakukan langkah-langkah yang tepat apabila terjadi kebakaran," ungkapnya.

Selain itu juga, lanjut Kananto, para anggota KPU dapat memahami cara penanggulangan bahaya kebakaran yang baik dan benar, dan meneruskan informasi yang didapat kepada anggota lain dan juga keluarganya. (rz/polppdamkarkobar)