Cegah Pohon Tumbang, Damkar Kobar Bersama Instansi Terkait Pangkas Pohon Peneduh

Jun

09

Post by
Comment:0

MMC Kobar - Bukan hanya melakukan penanganan kebakaran ataupun melakukan berbagai penyelamatan dan evakuasi saja, namun Pemadam Kebakaran juga turut membantu penanganan pemangkasan pepohonan yang dinilai rawan tumbang. Hal ini dilakukan Damkar Kobar pada Rabu (8/6).

Mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti hujan disertai angin ataupun kondisi cuaca ekstrim lainnya. Satpol PP dan Damkar Kobar melalui bidang Damkar bersama tim terpadu melakukan penebangan ataupun pemangkasan pohon tua rawan tumbang di beberapa lokasi berbeda.

“Pemangkasan pohon ini kami lakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pohon tumbang,” kata Kananto selaku Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Satpol PP dan Damkar di lokasi pemangkasan pohon.

Sebelum dilakukan pemangkasan pohon, pihak DLH Kobar telah melakukan survei pohon-pohon yang sudah tua dan dianggap rawan tumbang serta menentukan mana pohon yang akan dipangkas dan mana pohon yang ditebang habis, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pihak DLH juga mengimbau masyarakat Kobar untuk tidak dengan sengaja mematikan pohon yang ditanam untuk peneduh di sepanjang jalan.

Sebagaimana yang diketahui bersama, keberadaan pohon-pohon peneduh di bahu jalan sangat bermanfaat untuk menjaga suatu wilayah dari dampak negatif lingkungan. Pohon-pohon peneduh sendiri masuk ke dalam unsur pembentuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat memberikan manfaat berupa penyeimbang ekologis kota untuk menghindari dampak negatif lingkungan akibat berbagaimacam aktivitas manusia.

Dengan adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) maka akan berperan untuk peredam cemaran yang masuk ke udara, penghasil oksigen dan penyerap CO2, serta dapat mengurangi kebisingan lingkungan. Namun sebaliknya pohon-pohon peneduh tersebut dapat memberikan dampak negatif pada saat cuaca ekstrim seperti hujan disertai angin kencang.

Kananto juga mengimbau kepada seluruh warga Kobar dimanapun berada agar berhati-hati dan tetap waspada dengan keadaan di sekitar terutama saat cuaca ekstrem seperti hujan disertai angin kencang dan petir. Usahakan untuk tidak parkir kendaraan di bawah pohon atau berteduh di bawah pohon, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Segera laporkan ke hotline kami di nomor 0532 22008 atau whatsapp 0812 9046 1661 apabila mengetahui telah terjadi keadaan yang darurat. Ingat laporan yang cepat dan tepat akan dengan cepat tertangani oleh kami," ucapnya. (rz/polppdamkarkobar)



Link Aplikasi