Dinas Pariwisata Adakan Apresiasi Kuliner Kotawaringin Barat Tahun 2022

Jul

29

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Festival kobar kreatif merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai salah satu wadah bagi untuk mempromosikan hasil karya bagi pelaku ekonomi kreatif. Sektor kuliner merupakan sektor unggulan yang banyak memiliki keunikan dan potensi yang luar biasa yang dapat menunjang pariwisata.

Untuk itu kegiatan lomba kuliner dikhususkan bagi pedagang online di Kabupaten Kobar dilaksanakan dalam 2 tahun terakhir sebagai bentuk inovasi bagi penyelenggara dan pelaku kuliner agar selalu beradaptasi dengan keadaan pandemi Covid-19 yang dimulai pada tahun 2020 yang lalu. Penyelenggaraan lomba kuliner setiap tahunnya selalu berinovasi agar pelaku kuliner tetap bersemangat untuk selalu berkreasi menghasilkan kuliner yang bersaing.

Pada tahun 2022 ini sebagai rangkaian dari kegiatan Festival Kobar Kreatif, Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar menggelar Apresiasi Kuliner Kotawaringin Barat. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 22 Juli hingga 7 Agustus 2022.

Kadispar Kobar, Wahyudi mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah memotivasi para pelaku kuliner tidak hanya memperhatikan rasa dan tampilan, tetapi juga kemasan branding dan foto publikasi. Sebab, di era digital ini, jualan produk kuliner bisa dilakukan secara online.

“Untuk menarik minat pembeli, foto produk kuliner yang ditampilkan harus menarik dan bisa menggugah selera pembeli. Oleh karena itu kegiatan Apresiasi Kuliner Kotawaringin Barat ini bisa menjadi ajang untuk belajar bagaimana menampilkan produk kuliner yang baik dan menarik minat,” kata Wahyudi, Rabu (27/7).

Lebih lanjut, Wahuydi menjelaskan, kegiatan ini memfokuskan pada penghargaan pelaku kuliner berdasarkan kreasi kemasan terbaik, kreasi bahan lokal terbaik, resep inovasi terbaik, kuliner favorit juri dan kuliner favorit pilihan netizen.

“Diharapkan dengan nominasi yang lebih spesifik harapan lomba ini dapat menghasilkan kuliner inovatif bervariasi dan menjadi penunjang sektor pariwisata di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujarnya.

“Semoga dengan Apresiasi Kuliner Kotawaringin Barat ini UMKM produk kreatif sektor kuliner dapat mengembangkan diri dan menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat Kotawaringin Barat,” pungkasnya.

Pendaftaran Apresiasi Kuliner Kobar dapat diakses melalui link : bitly/ApresiasiKulinerKobar2022. Penilaian akan dilaksanakan pada hari Rabu (10/8) di Gazebo Pangkalan Bun Park dan dimulai dari pukul 08.00 WIB secara offline.

Peserta diwajibkan mengumpulkan produk jajanannya dan akan dinilai oleh juri-juri kompeten yang terdiri dari chef, ahli desain produk dan Dinas Ketahanan Pangan. (dispar kobar)



Link Aplikasi