Gara-Gara Lupa Matikan Kompor, Tiga Unit Rumah Dilahap Si Jago Merah

Mar

13

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Tiga unit rumah yang berlokasi di Jalan Rambutan Gg Cemara RT 04, Kelurahan Baru, Pangkalan Bun ludes terbakar, Jumat (8/3) pagi. Dugaan sementara penyebabnya kebakaran dikarenakan pemilik rumah lupa mematikan kompor usai digunakan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, kecuali kerugian material yang belum dapat diperkirakan jumlahnya. 

Menurut keterangan Ketua RT 04, Sakilan, api yang menghanguskan tiga unit rumah warganya diduga berasal dari rumah Markus Tambun. "Diduga pemilik rumah lupa mematikan kompor usai digunakan. Pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong ditinggal bekerja," kata sakilan.

Adrianus yang rumahnya ikut terdampak dan mengalami rusak ringan bagian plafon sekaligus saksi menceritakan bahwa dirinya pada saat kejadian berada di rumah dan hendak pergi berolah raga main tenis. Namun sebelum berangkat dirinya mendengar suara ledakan dan langsung memeriksa suara ledakan tersebut keluar rumah, dan melihat api sudah membesar membakar rumah milik markus tambun yang tepat bersebelahan rumahnya. 
    
Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kobar Syahruni, yang juga turut hadir di tempat kejadian mengatakan, rumah yang terbakar sebanyak tiga buah. “Satu rumah milik Markus Tambun rusak berat, kemudian rumah milik Adrianus mengalami rusak ringat dan satu barakan tiga pintu kosong tidak berpenghuni juga mengalami rusak ringan. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, beruntung warga sigap melaporkan kejadian tersebut ke Mako Damkar, sehingga dengan cepat personil damkar menuju ke lokasi dan api dapat di kendalikan. 

“Adapun unit damkar yang diturunkan sebanyak lima unit mobil damkar milik dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan kobar dan di backup beberapa unit mobil watter supply BPBD,” jelas Syahruni

Selain itu Kepala Bidang Pemadaman, Penyelamatan, dan Sarpras Dwi Agus Suhartono menambahkan, damkar juga mendapat backup dari berbagai organisasi lain kemanusiaan,dari para Relawan Pemadam Kebakaran Humah Singgah Itah Mendawai, Relawan Pemadam Manggala Yudha Kumpai Batu Bawah, PMI Kobar, Iea Kobar, PLN Pangkalan Bun, rekan rekan dari kodim 1014 Pangkalan Bun, serta teman-teman dari Polres Kobar, sehingga dalam waktu kurang lebih 1 jam kebakaran tersebut dapat di atasi.

“Kami minta kepada masyarakat kobar agar selalu waspada sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Pastikan semua aman agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Dan laporkan segera ke Mako Damkar Kobar apabila mengetahui atau terjadi hal kedaruratan lainnya,” tutup Agus (rz/damkarkobar)



Link Aplikasi