Pj Bupati Kobar Serahkan Bantuan Alsintan Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI kepada 56 Kelompok Tani

Okt

26

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Anang Dirjo menyerahkan bantuan hibah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Pengadaan Tahun 2022 kepada 56 kelompok tani di Aula Kantor Bupati pada Senin (24/10).

Acara penyerahan bantuan alsintan tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI, Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto ini difasilitasi oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar.

Plt Kepala Dinas TPHP melalui Sekretaris Rubiansyah dalam laporannya menyampaikan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan dalam menopang perekonomian daerah. Keberhasilan pembangunan pertanian terletak pada kekuatan petani.

“Oleh karena itu peningkatan kapasitas SDM petani dan kelembagaan harus diperhatikan. Salah satunya dengan mengadakan bantuan bagi para petani,” tutur Rubiansyah.

Rubiansyah menambahkan, alsintan yang diserahkan berupa traktor roda empat sebanyak 3 unit, traktor roda dua sebanyak 6 unit, pompa air sebanyak 15 unit, cultivator sebanyak 4 unit, hand sprayer elektrik sebanyak 100 unit dan mobil pick up 1 unit.

“Dengan total sebanyak 129 Unit yang tersebar di 32 desa pada 5 kecamatan dengan penerima 56 kelompok tani/gapoktan/KWT/UPJA,” beber Rubiansyah.

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo dalam arahannya mengimbau para petani untuk memaksimalkan bantuan yang diberikan pemerintah. Tidak lupa, Anang mengucapkan terimakasihnya kepada Anggota DPR RI Bambang Purwanto yang telah memenuhi keperluan petani khususnya wilayah Kobar.

“Terimakasi kepada Pak Bambang Purwanto yang telah memberi bantuan dan selalu memperhatikan masyarakat Kobar khususnya para petani,” ucap Anang.

Pada kesempatan yang sama, Bambang Purwanto turut mengapresiasi Pj Bupati Kobar dan Dinas TPHP atas kinerjanya. Ia juga meninjau sektor pertanian serta peternakan di Kobar dan mengusahakan semaksimal mungkin untuk membantu para petani.

Acara dihadiri unsur Forkopimda Kobar, Plt Sekretaris Daerah, Ketua, Ketua Satgas Siber Pungli Kobar, kepala OPD, Camat Arut Selatan, seluruh koordinator BPP KECAMATAN, perwakilan PPL masing-masing desa dan perwakilan Pengurus Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Poktan, UPJA Kelompok Wanita Tani (KWT) penerima bantuan Alsintan. (dinas tphp kobar)



Link Aplikasi