Sebanyak 178 Siswa-Siswi Calon Anggota Paskibraka Ikuti Seleksi Tahap III

Apr

04

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Pada Rabu (29/3) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalaui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mengadakan Seleksi Tahap III Calon Anggota Paskibraka Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar Lantai II, jalan Sutan Syahrir nomor 2 Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan.

Diikuti sebanyak 178 siswa-siswi calon anggota Paskibraka, kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kobar Edie Faganti, Kabid Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Taupikur Rahman serta pejabat fungsional dan staf serta anggota purna Paskibraka masing-masing sekolah.

Kegiatan Seleksi Tahap III berupa Tes Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan secara online melalui link BPIP ini dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol mewakili Plt Sekretaris Daerah selaku Ketua Panitia Pembentukan Paskibraka.

Dalam sambutannya Edie menyampaikan, semua peserta yang mengikuti seleksi ini harus berbangga karena merupakan duta yang terbaik dari masing-masing sekolah.

“Berbangga bukan berarti sombong akan tetapi bangga karena merupakan yang terpilih dari sekian banyak peserta dari berbagai sekolah,” ujarnya.

Edie menjelaskan peserta yang lolos Seleksi Tahap III ini akan lanjut mengikuti Tes intelegensia umum pada Kamis tanggal 30 Maret 2023.

“Tugas kalian adalah memberikan yang terbaik sehingga Tim Seleksi bisa mengambil keputusan berdasarkan kemampuan terbaik kalian sendiri,” lanjutnya.

Menurut Edie, setelah semua tahapan seleksi selesai untuk calon peserta yang lolos akan dipanggil untuk mengikuti Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat). Para Paskibraka ini nantinya bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka pada tanggal 17 Agustus di Halaman Kantor Bupati dan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023.

“Setelah selesai melaksanakan tugas para anggota Paskibraka nantinya akan dibimbing langsung oleh BPIP untuk mengemban tugas membantu BPIP membumikan Pancasila sebagai Duta Pancasila,” terangnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa para calon anggota Paskibraka yang  mengikuti Seleksi Tahap III melalui link BPIP, dari 178 siswa-siswi yang mengikuti tes tersebut yang dinyatakan lulus sebanyak 146 orang dan akan mengikuti tes intelegensia umum. (humas badan kesbangpol)



Link Aplikasi