Tim Litbang Pusterad Gelar Sosialisasi Aplikasi Halo Babinsa untuk Wilayah Kobar

Jul

29

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Kodim 1014 Pangkalan Bun menyelenggarakan kegiatan uji coba pengembangan aplikasi Halo Babinsa berbasis android yang disosialisasikan oleh Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) di Aula Palapa Makodim 1014 Pangkalan Bun, Rabu (27/7).

Brigadir Jenderal TNI Mochamad Asrofi selaku Ketua Tim Litbang Pusterad mengatakan bahwa yang melatarbelakangi dibuatnya aplikasi ini karena sebelumnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) mengirimkan laporan atau berita masih dilakukan secara manual.

“Jadi aplikasi ini bisa memudahkan babinsa dalam berkomunikasi satu sama lainnya serta menyampaikan laporan atau berita terkait peristiwa yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Asrofi.

Asrofi berharap dengan adanya aplikasi Halo Babinsa ini tugas yang dilakukan semakin lancar dan tidak ada lagi keterlambatan dalam mendapatkan suatu informasi.

“Terkadang stakeholder lainnya sudah ada melaporkan suatu kejadian atau peristiwa namun para pimpinan di jajaran Angkatan Darat belum mendapatkan laporan tersebut,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 1014 Pangkalan Bun Letnan Kolonel Arh Drajat Tri Putro mengatakan bahwa dengan beroperasinya aplikasi ini dapat memudahkan Babinsa yang ada di lapangan.

“Kami berharap dengan adanya aplikasi ini para Babinsa baik Danramil, Kodim Angkatan Darat pada umumnya, dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga apabila menemui permasalahan di lapangan, Babinsa akan cepat melaporkan ke komando. Jadi permasalahan yang dialami masyarakat bisa cepat ditangani dan mendapatkan solusi,”ujar Drajat.

Sementara itu, Pranata Humas Ahli Muda Dessy Angreni yang hadir mewakili Kepala Dinas Kominfo mengapresiasi aplikasi Halo Babinsa yang dikembangkan Pusterad Litbang TNI AD ini.

“Sebagai perwakilan dari pemerintah daerah, Dinas Kominfo Kobar mengapresiasi aplikasi Halo Babinsa ini. Karena melalui aplikasi ini memudahkan dalam menyampaikan informasi atau kejadian yang terjadi di Kobar. Sehingga dari hasil laporan babinsa dapat segera disampaikan ke dinas terkait dan cepat diatasi,” ucap Dessy.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kolonel Inf Suparman, SE selaku Kasubdinbinlitbang Tekter Pusterad, Kasdim 1014/Pbn Inf Edy Sucipto, jajaran Kodim 1014/Pbn, jajaran Danramil, jajaran Babinsa wilayah Kobar dan mitra Babinsa Kodim 1014/Pbn. (dsy/diskominfo kobar)



Link Aplikasi