Tingkatkan Kapasitas Pengelola BUMDes, DPMD Kobar Gelar Pelatihan SIAKEU

Agu

05

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten (Dinas PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (2/8) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan (SIAKEU) BUMDesa. Pelatihan ini dalam bentuk aplikasi excel penyusunan laporan keuangan BUMDesa/BUMDesa Bersama.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari mulai tanggal 2-3 Agusus 2022 dihadiri oleh direktur, sekretaris/bendahara, dan pengawas BUMDesa bertempat di aula kantor Dinas PMD Kobar.

Kepala Dinas PMD Kobar melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat, Eki Hidayanti mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan amanat PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes yang menyatakan bahwa pelaksana operasional wajib menyiapkan laporan berkala yang memuat pelaksanaan rencana program kerja BUMDesa/BUMDesa Bersama, meliputi laporan semesteran dan laporan tahunan.

“Melalui penggunaan aplikasi excel SIAKEU BUMDesa dapat mempermudah pengelola BUMDesa/BUMDesa Bersama dalam mengolah laporan sebagai bentuk tertib administrasi dan pertanggungjawaban keuangan BUMDesa. Sehingga nantinya BUMDesa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat terus tumbuh dan berkembang,” kata Eki, Rabu (3/8).

Lebih lanjut lagi Eki juga mengungkapkan harapan adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia BUMDesa di Kabupaten Kobar.

“Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi wadah sharing atau diskusi terkait pengelolaan keuangan BUMDesa, dengan tujuan upaya pembelajaran bersama demi peningkatan kapasitas penyusunan laporan keuangan BUMDesa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” pungkasnya. (dpmd kobar)