Pemerintah daerah akan melibatkan sanggar yang ada di Kobar dalam setiap kegiatan

May

16

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Rangkaian lomba pada Festival Marunting Batu Aji yang dilaksanakan pada tanggal 08 – 12 Mei 2023 telah berakhir. Berpusat di stadion Sampuraga Kelurahan Sidorejo, Sabtu malam (13/5) kegiatan resmi ditutup oleh Assisten Administrasi Umum Syahruddin.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Syahruddin menyampaikan bahwa para peserta yang meraih peringkat tertinggi (Juara 1) akan diikutsertakan pada Festival Isen Mulang di Palangkaraya yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 21 -27 Mei 2023.

“Para peserta agar menjaga kesehatan, persiapan untuk lomba agar lebih diintensifkan lagi dan dapat menjadi peringkat yang terhormat ditingkat provinsi Kalimantan Tengah sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Kotawaringin Barat,”ujar Syahruddin.

“Bagi yang belum mencapai prestasi yang diinginkan agar tidak berkecil hati, itu merupakan proses yang tertunda, teruslah berlatih agar dapat meraih prestasi tertinggi dikemudian hari,”lanjut Syahruddin.

Syahruddin berharap agar dalam rangka pengembangan kebudayaan, kesenian daerah baik tradisional maupun daerah di Kabupaten Kotawaringin Barat meningkat lagi agar kedepannya bermunculan kreator-kreator yang aktif dalam melaksanakan pembinaan, pelatihan dan perekrutan sehingga dapat menunjang pariwisata di daerah Kobar.

“SKPD terkait diharapkan setiap mengadakan kegiatan maupun seremonial dapat melibatkan sanggar-sanggar yang ada di Kobar untuk ditampilkan pada kesempatan itu,”ujar Syahruddin.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan kesenian dan kebudayaan sehingga masyarakat juga dapat berperan aktif dalam pengembangan kebudayaan di daerah kita,”pungkas Syahruddin mengakhiri sambutannya.

Sebanyak 7 (tujuh) kategori yang diperlombakan diantaranya lomba malomang, lomba mangenta, masak tradisional, karungut putra dan putri, lomba lagu daerah, lomba tari pedalaman pelajar dan umum serta lomba tari pesisir pelajar dan umum. Pada malam penutupan tersebut sekaligus menyerahkan piala bagi para pemenang lomba juara 1, 2 dan 3 dengan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Jamri.

Adapun pemenang dari lomba yang digelar pada Festival Marunting Batu Aji, antara lain :

  1. Lomba Melomang

Juara 1   :   PKK Kelurahan Raja

Juara 2   :   PKK Kelurahan Raja Seberang

Juara 3   :   Mekar Sari Desa Kumpai Batu Atas

  1. Lomba Mangenta

Juara 1   :   Mekar Sari Desa Kumpai Batu Atas

  1. Lomba Masak Tradisional

Juara 1   :   PKK Desa Pangkalan Dewa Pangkalan Lada

Juara 2   :   PKK Kelurahan Raja

Juara 3   :   Utin Bersaudara

  1. Lomba Karungut Putra

Juara 1   :   Mardoni E Agan

Juara 2   :   Mika Bakuba

Juara 3   :   Gypsi Bakuba

Lomba Karungut Putri

Juara 1   :   Rina

Juara 2   :   Rusinae

Juara 3   :   Ramaisi

  1. Lomba Lagu Daerah

Juara 1   :   Desah Band

Juara 2   :   Sanggar Bakuba

  1. Lomba Tari Pedalaman Pelajar

Juara 1   :   SMPN 1 Arsel

Juara 2   :   MTSN 2 Kobar

Juara 3   :   SDN 2 Raja Seberang

Lomba Tari Pedalaman Umum

Juara 1   :   Sanggar Bakuba

Juara 2   :   Sanggar Sahaluan

Juara 3   :   Sanggar Tonggang Sakuba

  1. Lomba Tari Pesisir Pelajar

Juara 1   :   SDN 2 Raja Seberang

Juara 2   :   MTSN 2 Kobar

Juara 3   :   SMPN 1 Arsel

 

Lomba Tari Pesisir Umum

Juara 1   :   Sanggar Tunas Anum

Juara 2   :   SMAN 1 Kumai

Juara 3   :   Sanggar Permata Bahari Kumai

Sebagai penutup ditampilkan tarian dari sanggar Bakuba yang merupakan asuhan dari Rakhmat. Turut hadir dalam acara yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dispora, Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Pariwisata dan ekonomi kreatif pada Dinas Pariwisata, Sekretaris Lurah Sidorejo, Perwakilan Polres Kobar, Ketua KORMI Kobar, para peserta lomba dan warga kobar. (Dsy/Diskominfo Kobar).



Link Aplikasi