DKP Kobar Kembali Bagikan Bibit Sayuran dan Panen Hidroponik Gratis

Jun

21

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mengadakan pembagian dan penyerahan bibit sayuran dan panen bersama tanaman hidroponik. Pembagian bibit sayuran ini dilaksanakan di halaman kantor DKP pada Jumat (17/6) dan diserahkan langsung oleh Plt DKP Kobar H. Akhmad Yadi.

Dalam sambutanya Akhmad Yadi menjelaskan, kegiatan pembagian dan penyerahan bibit tanaman sayuran yang di produksi melalui rumah Obor Pangan Lestari (OPAL) ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang dimiliki setiap rumah tangga guna mendukung ketahanan pangan di masing-masing keluarga.

“Rumah OPAL bertujuan sebagai percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan di lingkungan perkantoran dan terwujudnya lingkungan kantor yang sejuk dan asri, menyediakan kebutuhan bibit untuk kelompok masyarakat maupun perorangan secara gratis,” terang Yadi.

Yadi berpesan semoga bibit sayuran yang diterima nantinya bisa dirawat dengan baik, sehingga bisa tumbuh dan berproduksi. “Paling tidak bisa untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga dan mengurangi pengeluaran bahkan bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga,” kata Yadi.

Bibit-bibit sayur tersebut diserahkan kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kobar sebanyak 800 bibit, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kobar 800 Bibit, 3 kelompok binaan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPUK) 960 bibit serta Pondok Pesantren Hadadil Qulub Kelurahan Sidorejo sebanyak 500 bibit.

Sedangkan jenis bibit sayuran yang dibagikan antara lain cabe rawit, cabe besar, terong ungu, terong lalap, tomat, seledri, daun mint, kembang kol, okra dan labu sayur. Gelaran kegiatan kali ini juga dilanjutkan dengan panen bersama tanaman hidroponik dan santapan pangan lokal Coto Manggala. (dkp kobar)



Link Aplikasi