Dua Pohon Tumbang Tutup Badan Jalan, BPBD Kobar Respon Cepat Lakukan Penanganan

Mar

24

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Senin (20/3) mengakibatkan pohon tumbang di 2 lokasi di wilayah Kecamatan Arut Selatan. Kejadian pertama terjadi di jalan utama Jalan Pasir Panjang, kemudian disusul pohon tumbang kedua di area Pasar Burung Jalan Ratu Mangku Kelurahan Raja.

Hujan yang disertai angin kencang diperkirakan penyebab kejadian tersebut. Usai menerima informasi kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bergegas mempersiapkan sarpras penanganan.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan mengungkapkan bahwa personel piket dan pembantu bergegas menuju kedua titik yang telah dipastikan. “Usai menunggu hujan sedikit reda, personil langsung melaksanakan penanganan. Pertama di Jalan Utama Pasir Panjang dimana pohon tumbang menutup badan jalan,” terangnya.

Dari pantauan lokasi, lanjut Martogi, penanganan dilakukan sembari mengendalikan arus lalu lintas. “Karena kejadian pada waktu lalu lintas pada, jadi tim lapangan juga mengkondisikan lalu lalang kendaraan agar ada penumpukan arus lalu lintas,” ungkap Martogi.

Untuk kejadian kedua di Jalan Ratu Mangku, pohon tumbang menutupi setengah badan jalan. Tidak perlu waktu lama untuk penanganan karena ukuran pohon relatif kecil disbanding lokasi pertama. “Kedua lokasi berhasil ditangani dengan cepat dan aman,” tegasnya.

Dari data prakiraan harian yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat masih berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

“Diharapkan masyarakat tetap berhati-hati dimana pun. Jika sedang hujan lebat disertai angin disarankan untuk berteduh dahulu di lokasi yang aman,” ujar Martogi. (bpbd kobar)



Link Aplikasi