Generasi Muda Kotawaringin Barat Berdaya : Pelatihan SP4N LAPOR Tingkatkan Partisipasi dalam Pengawasan Pelayanan Publik

Jun

21

Post by
Comment:0

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Kobar bekerja sama dengan Usaid Segar dan Java Learning Center (Javlec) mengadakan sosialisasi sekalgus pelatihan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor) bagi kaum muda di Kopi Petik Pangkalan Bun, Kamis (20/6).

SP4N Lapor memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan terkait pelayanan publik. Platform ini telah menjadi wadah terpercaya bagi rakyat Indonesia untuk menyuarakan aspirasinya dan mendapatkan keadilan dalam menerima pelayanan publik yang berkualitas.

Dengan adanya SP4N LAPOR, instansi pemerintah didorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya agar terhindar dari pengaduan masyarakat. SP4N LAPOR memastikan bahwa instansi pemerintah bertanggung jawab atas tindakannya dan memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat. Kemudahan akses dan transparansi dalam penyelesaian pengaduan melalui SP4N LAPOR meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Sekretaris Dinas Kominfo, Wahju Widiastuti memberikan sambutan sekaiigus membuka kegiatan pelatihan SP4N Lapor bagi kaum muda di Kotawaringin Barat. Pelatihan yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 20 sd 21 Juni 2024 ini dikhususkan untuk para pencinta lingkungan hidup.

Dalam sambutannya, Wahju Widiastuti mengatakan bahwa Peran masyarakat akan sangat terasa dalam mengukur dan memverifikasi dampak implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut terlebih jika tersedia saluran kontribusi yang jelas berupa aplikasi SP4N LAPOR.

“Melalui SP4N Lapor, masyarakat dapat melakukan pelaporan terutama terkait masalah lingkungan yang nyata atau potensial yang diakibatkan oleh kegiatan legal atau ilegal di daerah mereka masing-masing,”ujar Wahju Widiastuti.

Sekretaris Diskominfo Kobar berharap Kaum Muda yang menjadi Peserta dapat memanfaatkan acara ini untuk memperoleh pengetahun lebih dalam terkait Indikator Yurisdiksi Berkelanjutan (IYB), khususnya isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, pihak Javlec Usaid menjelaskan pelatihan SP4N LAPOR untuk kaum muda ini diharapkan dapat membekali peserta kemampuan untuk melakukan monitoring terhadap lingkungan disekitarnya, menyampaikan aspirasi, informasi kepada masyarakat sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan daerah di kabupaten Kotawaringin Barat. (Dsy/Diskominfo Kobar)



Link Aplikasi