Kobar Jadi Tuan Rumah Gelaran Teater Kalimantan 2

Nov

15

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gelar Teater Kalimantan 2. Dipusatkan di Kampus Universitas Antakusuma (Untama), gelaran seni budaya ini dilaksanakan pada 14-19 November 2022 dan diikuti oleh komunitas seni dari seluruh wilayah Kalimantan. 

Selain gelaran teater yang menjadi sajian utama, Untama sebagai panitia juga menampilkan pagelaran seni tari, lomba pop daerah, musikalisasi puisi serta bazar yang diikuti oleh para mahasiswa dan pelaku UMKM. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo pada Senin (14/11) yang hadir bersama Forkopimda.

Dalam sambutannya Pj Bupati Anang Dirjo atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Anang Dirjo menilai kegiatan ini menjadi bagian upaya mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah. 

“Semoga pegelaran seni dan budaya khususnya yang mengangkat budaya daerah seperti ini secara rutin dilaksanakan,” katanya. 

Anang Dirjo berkeyakinan jika pelestarian budaya merupakan upaya dalam memelihara dan melindungi aset bangsa. “Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya harus terus menerus dilakukan agar kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin,” ujarnya.

Anang Dirjo juga menilai pagelaran seni akan memberi dampak luas terhadap perkembangan sektor pariwisata, dan akan turut berpengaruh dalam pembangunan daerah. Karena seni budaya dalam suatu daerah memiliki nilai lebih dalam menarik kunjungan wisatawan. 

“Karena itulah kegiatan seni budaya harus terus dikembangkan sehingga nanti bisa menjadi suatu produk daerah yang akan ditampilkan pada ajang nasional maupun internasional,” imbuh Anang Dirjo. (rib/prokom kobar)



Link Aplikasi