Pj Bupati Kobar hadiri Rakor Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Jun

11

Post by
adminkominfo
Comment:0

MMC Kobar – Pj Bupati Kotawaringin Barat (kobar) menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Kegiatan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di bertempat di Aula Setya Haprabu Polres Kotawaringin Barat (kobar), Selasa (04/06/24).

Kegiatan rakor bertujuan merumuskan persamaan persepsi dalam kegiatan Pilkada jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Peran pemerintah daerah juga terkoordinasi dengan baik sehingga rakor ini mendapatkan kesamaan tindak di lapangan.

Dalam arahannya Pj Bupati Kobar menyampaikan secara prinsip Pemkab Kobar mendukung penuh suksesnya penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas antara pemerintah daerah dan TNI/Polri dalam mengambil sikap dan langkah di lapangan jika terjadi permasalahan dalam Pilkada 2024.

”Sehingga yang menjadi kendala atau hambatan bisa teratasi, dan pada saat pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sesuai harapan bersama yaitu terwujudnya Pilkada yang aman damai dan sukses,” ungkapnya.

Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman menyampaikan arahannya agar tetap bersinergi untuk menyambung kesuksesan pada saat kegiatan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, dan selanjutnya pelaksanaan kegiatan Pilkada pada tanggal 27 November 2024 yang akan datang.

"Sebagaimana yang telah disampaikan dalam rapor Pilkada di Istana Negara untuk Kabupaten Kobar masih merah. Ini hal yang sangat berat, namun dengan telah terlaksana Pemilu 2024 yang lalu berlangsung relatif aman dan tidak ada sengketa pemilu atau gugatan di MK, sehingga ini menjadi tolak ukur dan keyakinan kita bersama bahwa nantinya pelaksanaan Pilkada 2024 akan berjalan aman dan kondusif," ungkap Yusfandi.

Dalam kesempatan lain, Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti menyampaikan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024 agar lebih ditingkat lagi terutama pada pemilih pemula.

“Bahwa meningkatnya partisipasi pemilu di Kabupaten Kobar yaitu pada 2019 hanya 53% mengalami peningkatan pada tahun 2024 yaitu 75% hal ini menujukan bahwa tingkat kepedulian masyarakat terhadap pemilu meningkatkan dan diharapkan pada Pilkada 2024 bisa mencapai 90%,”kata Edie.

Dalam Rakor ini turut hadir Kasdim 1014/Pbn, Korwil Binda Kobar, Perwakilan Danlanud Iskandar Pbn, Perwakilan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Perwakilan Kejari Kab. Kobar Perwakilan KPU Kab. Kobar, Perwakilan Bawaslu Kobar, Perwakilan Sat Pol PP Kab. Kobar, Perwakilan BMKG Kab. Kobar, PJU Polres Kobar, Kapolsek se-Kobar. (humas kesbangpol)



Link Aplikasi