RAT Koperasi Tani Bahagia Semester I, Disperindagkop UKM Kobar Tekankan Pentingnya Tranparansi dan Akuntabiltas

Jul

19

Post by
Comment:0

MMC Kobar – Minggu (28/4) Koperasi Tani Bahagia melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Semester I Tahun 2024 di Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai. Kegiatan ini dihadiri oleh 324 anggota koperasi. 

Rapat ini dipimpin oleh perwakilan dari koperasi Tani Bahagia, Tono, dan juga dihadiri oleh Kepala Bidang Koperasi Mulyadi beserta perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM).

Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar melalui Kabid Koperasi Mulyadi menyampaikan, kegiatan ini meliputi penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas koperasi kepada anggota, serta pemilihan pengurus dan badan pengawas yang baru. Kegiatan juga ini merupakan implementasi dari Permenkopukm Nomor 19 Tahun 2015 dan UU Nomor 25 yang mewajibkan koperasi untuk mengadakan rapat anggota tahunan secara rutin.

“Rapat ini menjadi momen penting bagi koperasi-koperasi aktif di Kabupaten Kotawaringin Barat untuk mengevaluasi kinerja tahun lalu, merumuskan strategi ke depan, serta memperkuat komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan anggota,” kata Mulyadi.

Mulyadi juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan koperasi. Ia juga mengapresiasi koperasi-koperasi yang telah memenuhi kewajiban ini dengan baik.

“Pada semester 1 tahun 2024, 26 koperasi di Kabupaten Kotawaringin Barat telah melaksanakan rapat anggota tahunan. Dari jumlah tersebut, 8 koperasi melaksanakan rapat tersebut secara mandiri dengan pengawasan dari pihak dinas,” terangnya.

Mulyadi menegaskan bahwa partisipasi dinas terkait sangat penting dalam memastikan koperasi berjalan sesuai dengan regulasi dan mendapatkan bimbingan yang diperlukan.

Ia juga mengingatkan kembali pentingnya kerjasama antara koperasi dan dinas terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Capaian target kinerja sudah mencapai 80,95% untuk di kegiatan RAT dan akan terus meningkat.

Secara keseluruhan, rapat anggota tahunan ini berjalan dengan lancar dan produktif. Diskusi yang terjadi diharapkan dapat menjadi dasar yang kuat untuk peningkatan kinerja koperasi di masa mendatang. 



Link Aplikasi